Wednesday 21 October 2015

Asumsi Regresi: Uji Normalitas Dengan Grafik P-Plot SPSS 20

Ada banyak cara untuk mengetahui apakah sebuah data terdistribusi normal atau tidak pada asumsi regresinya. Ini merupakan contoh sederhana bagaimana cara melakukan uji normalitas dengan menggunakan bantuan sofware SPSS Versi 20. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai uji normalitas dengan melihat dari grafik Normal Probability Plot pada SPSS Versi 20, saya yakin anda akan dapat melakukan uji ini jika anda cermat dan benar-benar menyimak apa yang saya lakukan.

Dasar Pengambilan Keputusan Uji Normalitas Dengan Normal P-Plot :
Pada dasarnya normalitas sebuah data dapat dideteksi dengan melihat persebaran data atau titik pada sumbu diagonal dari residualnya.
  • Data dikatakan terdistribusi normal, jika data atau titik menyebar disekitar garis diagonal dan mengikuti arah garis diagonal.
  • Sebaliknya data dikatakan tidak terdistribusi normal, jika data atau titik menyebar jauh dari arah garis atau tidak mengikuti diagonal.

Cara Uji Normalitas Dengan Normal P-Plot :
Dalam kasus ini saya ingin mengetahui apakah data penelitian ini terdistribusi normal atau tidak. Judul penelitiannya adalah: “Analisis Pengaruh Penerimaan Pajak Daerah (X1) dan Retribusi Daerah (X2) Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) (Y) Di Kota Lhokseumawe Tahun 2004-2013.

Dari judul di atas kita dapat melihat bahwa terdapat 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat.

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk mempraktekan Uji Normalitas dengan P-Plot, berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan :

Langkah-langkahnya 

  • Buka data yang ingin anda uji !


          Lalu pilih menu dari SPSS, klik Analyze, kemudian klik Regresion pada submenu, lalu klik linear.



  • Pada kotak Dependent, isikan variabel Y (PAD) dan pada kotak Independent isikan variabel X1,X2 (Pajak Daerah, Retribusi Daerah).




  • Selanjutnya klik Plots, dilayar anda akan muncul tampilan windows Linear Regression Plots. Aktifkan pilihan dengan mencentang Normal Probability Plot. Abaikan yang lain dan klik Continue, kemudian abaikan yang lain dan kemudian klik Ok.



  • Tampilan hasil output SPSS. 




Interpretasi Output
Berdasarkan hasil output SPSS di atas kita dapat melihat grafik plot. Dimana gambar P-Plot terlihat titik-titik mengikuti dan mendekati garis diagonalnya sehingga dapat disimpulkan bahwa model regresi memenuhi asumsi normalitas.

Sekian dulu dari saya mengenai “Asumsi Regresi: Uji Normalitas Dengan Grafik P-Plot SPSS 20". Semoga dapat bermanfaat ya.

5 comments:

  1. cara mendapatkan nilai Y apakah jumlah dari koesioner yang di bagikan ?

    ReplyDelete
  2. maaf arfan, saya baru lihat.
    nilai y itu tergantung dari variabel yang kamu teliti.
    kebetulan data yang saya gunakan dlm penelitian ini itu data sekunder,
    kalau kamu menggunakan data primer, itu sesuaikan saja dengan pertanyaan dikuesioner kamu, tergantung apa objek dalam penelitian kamu.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Mas saya mau tanya, kalau penelitian saya kan tentang analisis pengaruh sunset policy terhadap penerimaan pajak, kan sunset policy tuh program nah data yg dimasukin ke spss itu apa dari alat ukur si sunset policy nya? Kaya jumlah pembetulan, penyetoran spt, terus untuk memasukan data variabel dependen nya itu yaitu penerimaan pajak apa data realisasi atau data dari target nya mas?

    ReplyDelete
  5. Bagaimana menampilkan kan kotak standar p valuenya di pojok gambar

    ReplyDelete